kecilkan semua  

Teks -- Hakim-hakim 4:1-21 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Debora dan Barak
4:1 Setelah Ehud mati, orang Israel melakukan pula apa yang jahat di mata TUHAN. 4:2 Lalu TUHAN menyerahkan mereka ke dalam tangan Yabin, raja Kanaan, yang memerintah di Hazor. Panglima tentaranya ialah Sisera yang diam di Haroset-Hagoyim. 4:3 Lalu orang Israel berseru kepada TUHAN, sebab Sisera mempunyai sembilan ratus kereta besi dan dua puluh tahun lamanya ia menindas orang Israel dengan keras. 4:4 Pada waktu itu Debora, seorang nabiah, isteri Lapidot, memerintah sebagai hakim atas orang Israel. 4:5 Ia biasa duduk di bawah pohon korma Debora antara Rama dan Betel di pegunungan Efraim, dan orang Israel menghadap dia untuk berhakim kepadanya. 4:6 Ia menyuruh memanggil Barak bin Abinoam dari Kedesh di daerah Naftali, lalu berkata kepadanya: "Bukankah TUHAN, Allah Israel, memerintahkan demikian: Majulah, bergeraklah menuju gunung Tabor dengan membawa sepuluh ribu orang bani Naftali dan bani Zebulon bersama-sama dengan engkau, 4:7 dan Aku akan menggerakkan Sisera, panglima tentara Yabin, dengan kereta-keretanya dan pasukan-pasukannya menuju engkau ke sungai Kison dan Aku akan menyerahkan dia ke dalam tanganmu." 4:8 Jawab Barak kepada Debora: "Jika engkau turut maju akupun maju, tetapi jika engkau tidak turut maju akupun tidak maju." 4:9 Kata Debora: "Baik, aku turut! Hanya, engkau tidak akan mendapat kehormatan dalam perjalanan yang engkau lakukan ini, sebab TUHAN akan menyerahkan Sisera ke dalam tangan seorang perempuan." Lalu Debora bangun berdiri dan pergi bersama-sama dengan Barak ke Kedesh. 4:10 Barak mengerahkan suku Zebulon dan suku Naftali ke Kedesh, maka sepuluh ribu orang maju mengikuti dia; juga Debora maju bersama-sama dengan dia. 4:11 Adapun Heber, orang Keni itu, telah memisahkan diri dari suku Keni, dari anak-anak Hobab ipar Musa, dan telah berpindah-pindah memasang kemahnya sampai ke pohon tarbantin di Zaanaim yang dekat Kedesh. 4:12 Setelah dikabarkan kepada Sisera, bahwa Barak bin Abinoam telah maju ke gunung Tabor, 4:13 dikerahkannyalah segala keretanya, sembilan ratus kereta besi, dan seluruh rakyat yang bersama-sama dengan dia, dari Haroset-Hagoyim ke sungai Kison. 4:14 Lalu berkatalah Debora kepada Barak: "Bersiaplah, sebab inilah harinya TUHAN menyerahkan Sisera ke dalam tanganmu. Bukankah TUHAN telah maju di depan engkau?" Lalu turunlah Barak dari gunung Tabor dan sepuluh ribu orang mengikuti dia, 4:15 dan TUHAN mengacaukan Sisera serta segala keretanya dan seluruh tentaranya oleh mata pedang di depan Barak, sehingga Sisera turun dari keretanya dan melarikan diri dengan berjalan kaki. 4:16 Lalu Barak mengejar kereta-kereta dan tentara itu sampai ke Haroset-Hagoyim, dan seluruh tentara Sisera tewas oleh mata pedang; tidak ada seorangpun yang tinggal hidup. 4:17 Tetapi Sisera dengan berjalan kaki melarikan diri ke kemah Yael, isteri Heber, orang Keni itu, sebab ada perhubungan baik antara Yabin, raja Hazor, dengan keluarga Heber, orang Keni itu. 4:18 Yael itupun keluar mendapatkan Sisera, dan berkata kepadanya: "Singgahlah, tuanku, silakan masuk. Jangan takut." Lalu singgahlah ia ke dalam kemah perempuan itu dan perempuan itu menutupi dia dengan selimut. 4:19 Kemudian berkatalah ia kepada perempuan itu: "Berilah kiranya aku minum air sedikit, aku haus." Lalu perempuan itu membuka kirbat susu, diberinyalah dia minum dan diselimutinya pula. 4:20 Lagi katanya kepada perempuan itu: "Berdirilah di depan pintu kemah dan apabila ada orang datang dan bertanya kepadamu: Ada orang di sini?, maka jawablah: Tidak ada." 4:21 Tetapi Yael, isteri Heber, mengambil patok kemah, diambilnya pula palu, mendekatinya diam-diam, lalu dilantaknyalah patok itu masuk ke dalam pelipisnya sampai tembus ke tanah -- sebab ia telah tidur nyenyak karena lelahnya -- maka matilah orang itu.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Abinoam father of Barak from Kedesh in Naphtali
 · anak Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Anak perempuan Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · bangsa Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Barak a son of Abinoam in the days of the judges,son of Abinoam from Kedesh in Naphtali who defeated Sisera
 · Betel a town of Benjamin bordering Ephraim 18 km north of Jerusalem
 · Debora Rebekah's nurse,wife of Lappidoth; prophetess and judge of Israel
 · Efraim the tribe of Ephraim as a whole,the northern kingdom of Israel
 · Ehud son of Bilhan son of Jediael son of Benjamin; a war chief,son of Gera (Bela Benjamin); a judge of Israel before King Saul
 · Fenisia the region ofeast Mediterranean coastal land from Arvad (modern Lebanon) south to Gaza,the coast land from Mt. Carmel north to the Orontes River
 · Hazor a town 15 km north of Chinnereth, the NW shore of Galilee,a town of south-eastern Judah,a town of south-eastern Judah 20 km south of Hebron (OS),a town of Ephraim 25 km north of Jerusalem,a collective name for some semi-namadic Arabs as distinct from the bedoin of the desert (OS)
 · Heber son of Beriah of Asher,the Kenite husband of the woman Jael who killed Sisera,son of Mered of Judah by his Jewish wife,son of Elpaal of Benjamin
 · Hobab son of Reuel the Midianite; brother-in-law to Moses
 · Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Kanaan an original resident of the land of Canaan,a resident of the region of Canaan
 · kaum Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · kaum-kaum orang Kanaan an original resident of the land of Canaan,a resident of the region of Canaan
 · Kedesh a city of refuge in Naphtali, given to the Levite descendants of Gershon; originally a Canaanite town,a town in Issachar given to the GershoniteLevites,a town of south-eastern Judah near the border of Edom (YC)
 · Kison a river that flows NW through the Plain of Esdraelon past Jezreel & Megiddo to the Mediterranean Sea north of Mt. Carmel
 · Lapidot husband of Deborah, the prophetess who judged Israel
 · Musa a son of Amram; the Levite who led Israel out of Egypt and gave them The Law of Moses,a Levite who led Israel out of Egypt and gave them the law
 · Naftali region/territority and the tribe of Israel,the son of Jacob and Bilhah,the tribe of people descended from Naphtali,the territory of the people of Naphtali
 · orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · orang Kanaan residents of the region of Canaan
 · orang Keni resident(s) of the southeastern hill country of Judah
 · orang-orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · orang-orang Kanaan residents of the region of Canaan
 · perempuan Kanaan residents of the region of Canaan
 · perempuan-perempuan Kanaan residents of the region of Canaan
 · Rama a town 8 km north of Jerusalem,a town of Simeon,a town of Benjamin 9 km north of Jerusalem and 8 km south of Bethel (OS),a town on the border of Asher (OS),a town of Ephraim 10 km SE of Aphek, and 25 km east of Joppa,a town in Gilead 50-60 km east of Beth-Shan
 · seorang Ismael a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel


Topik/Tema Kamus: Debora | Barak | Zebulon | Naftali | Hakim Israel | Yael | Keramahan (Menerima Tamu) | Tabor | Pohon | Kemah Tempat Tinggal Manusia | Kisyon | Orang Yahudi | Sidang, Persidangan Pengadilan | Suku Naftali | Keni, Orang | Nabi | Orang Kanaan | Kereta | Tentara | Kirbat Atau Botol | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Hak 4:4 - DEBORA. Nas : Hak 4:4 Debora adalah seorang nabiah; ia memiliki karunia-karunia bernubuat yang memungkinkan dia mendengar berbagai amanat Allah dan menyamp...

Nas : Hak 4:4

Debora adalah seorang nabiah; ia memiliki karunia-karunia bernubuat yang memungkinkan dia mendengar berbagai amanat Allah dan menyampaikan kehendak-Nya kepada umat itu (ayat Hak 4:6-7;

lihat art. NABI DI DALAM PERJANJIAN LAMA).

Hubungan erat Debora dengan Allah membuat dirinya sangat berpengaruh di antara umatnya (ayat Hak 4:8).

Full Life: Hak 4:14 - BUKANKAH TUHAN TELAH MAJU DI DEPAN ENGKAU? Nas : Hak 4:14 Perlu sekali Allah berjalan di muka kita untuk membuka jalan; jika Ia tidak menuntun sepanjang jalan, usaha kita akan gagal. Oleh ka...

Nas : Hak 4:14

Perlu sekali Allah berjalan di muka kita untuk membuka jalan; jika Ia tidak menuntun sepanjang jalan, usaha kita akan gagal. Oleh karena itu, kita harus sungguh-sungguh berusaha untuk terbuka bagi pimpinan Allah yang terus-menerus dalam kehidupan kita (bd. Kel 33:15).

Jerusalem: Hak 4:1--5:31 - -- Kisah mengenai Debora dan Barak ini disajikan berupa prosa, bab 4, dan berupa sajak, bab 5. Menurut kisah asli berupa prosa itu suku Zebulon dan Nafta...

Kisah mengenai Debora dan Barak ini disajikan berupa prosa, bab 4, dan berupa sajak, bab 5. Menurut kisah asli berupa prosa itu suku Zebulon dan Naftali berhasil menghancurkan Sisera dari Haroset-Hagoyim yang terletak di bagian barat laut dataran Yizreel. Kemudian Sisera tsb dihubungkan dengan Yabin, raja Hazor yang dikalahkan di mata Yosua, Yos 11:10-15. Memang nama Yabin disebut dalam ceritera berupa prosa itu, tetapi tidak tampil dalam sajak tsb. Kemenangan yang diceritakan itu pasti terjadi dan ia membongkar rintangan yang memisahkan suku-suku di bagian utara negeri dari suku-suku di bagian tengah. Kiranya peristiwa itu terjadi sekitar pertengahan abad ke-12 seb. Mas.

Jerusalem: Hak 4:4 - seorang nabiah Seperti Miryam, Kel 15:20 dan Hulda, 2Ra 22:14. Debora menghakimi/memerintah atas nama Tuhan.

Seperti Miryam, Kel 15:20 dan Hulda, 2Ra 22:14. Debora menghakimi/memerintah atas nama Tuhan.

Jerusalem: Hak 4:5 - pohon korma Kata Ibrani yang dipakai (tomer) tidak jelas dan sebaik-baiknya diperbaiki menjadi tamar (pohon korma).

Kata Ibrani yang dipakai (tomer) tidak jelas dan sebaik-baiknya diperbaiki menjadi tamar (pohon korma).

Jerusalem: Hak 4:8 - tidak turut maju Terjemahan Yunani masih menambah: sebab aku tidak tahu pada hari manakah Malaikat Tuhan akan membuat aku berhasil. Barak ingin Debora ikut supaya mela...

Terjemahan Yunani masih menambah: sebab aku tidak tahu pada hari manakah Malaikat Tuhan akan membuat aku berhasil. Barak ingin Debora ikut supaya melalui nabiah itu ia dapat meminta petunjuk dari Tuhan (bdk Kel 33:7).

Jerusalem: Hak 4:11 - -- Ayat ini memutuskan jalannya ceritera dan menyiapkan ceritera tentang Yael, Hak 4:17-22. Boleh jadi ceritera tentang Yael itu aslinya beredar tersendi...

Ayat ini memutuskan jalannya ceritera dan menyiapkan ceritera tentang Yael, Hak 4:17-22. Boleh jadi ceritera tentang Yael itu aslinya beredar tersendiri.

Jerusalem: Hak 4:19 - susu Yang dimaksudkan ialah susu kental yang asam (dadih) yang banyak dimakan suku-suku Badui.

Yang dimaksudkan ialah susu kental yang asam (dadih) yang banyak dimakan suku-suku Badui.

Ende: Hak 4:15 - -- Bila Jahwe menggemparkan musuh, maka istilah itu biasanja berarti, bahwa Allah tjampur tangan dengan salah satu gedjala tjuatja, seperti gemuruh, hudj...

Bila Jahwe menggemparkan musuh, maka istilah itu biasanja berarti, bahwa Allah tjampur tangan dengan salah satu gedjala tjuatja, seperti gemuruh, hudjan, hudjan beku dsb. (lih. Hak 5:20). Maka kata "mata pedang" adalah bahasa kiasan untuk gedjala itu. Beberapa ahli mau mentjoret "mata pedang" itu.

Endetn: Hak 4:5 - kurma diperbaiki dengan mengubah huruf2 hidup.

diperbaiki dengan mengubah huruf2 hidup.

Ref. Silang FULL: Hak 4:1 - Setelah Ehud // yang jahat // mata Tuhan · Setelah Ehud: Hak 3:15; Hak 3:15 · yang jahat: Hak 2:19; Hak 2:19 · mata Tuhan: Hak 2:11; Hak 2:11

· Setelah Ehud: Hak 3:15; [Lihat FULL. Hak 3:15]

· yang jahat: Hak 2:19; [Lihat FULL. Hak 2:19]

· mata Tuhan: Hak 2:11; [Lihat FULL. Hak 2:11]

Ref. Silang FULL: Hak 4:2 - menyerahkan mereka // di Hazor // ialah Sisera · menyerahkan mereka: Ul 32:30; Ul 32:30 · di Hazor: Yos 11:1; Yos 11:1 · ialah Sisera: 1Sam 12:9; Mazm 83:10

· menyerahkan mereka: Ul 32:30; [Lihat FULL. Ul 32:30]

· di Hazor: Yos 11:1; [Lihat FULL. Yos 11:1]

· ialah Sisera: 1Sam 12:9; Mazm 83:10

Ref. Silang FULL: Hak 4:3 - ratus kereta // ia menindas · ratus kereta: Yos 17:16; Yos 17:16 · ia menindas: Hak 10:12; Mazm 106:42

· ratus kereta: Yos 17:16; [Lihat FULL. Yos 17:16]

· ia menindas: Hak 10:12; Mazm 106:42

Ref. Silang FULL: Hak 4:4 - itu Debora // seorang nabiah · itu Debora: Hak 5:1,7,12,15 · seorang nabiah: Kel 15:20; Kel 15:20

· itu Debora: Hak 5:1,7,12,15

· seorang nabiah: Kel 15:20; [Lihat FULL. Kel 15:20]

Ref. Silang FULL: Hak 4:5 - biasa duduk // antara Rama // dan Betel · biasa duduk: 1Sam 14:2; 22:6 · antara Rama: Yos 18:25; Yos 18:25 · dan Betel: Yos 12:9; Yos 12:9

· biasa duduk: 1Sam 14:2; 22:6

· antara Rama: Yos 18:25; [Lihat FULL. Yos 18:25]

· dan Betel: Yos 12:9; [Lihat FULL. Yos 12:9]

Ref. Silang FULL: Hak 4:6 - bin Abinoam // Kedesh // gunung Tabor // bani Naftali // bani Zebulon · bin Abinoam: Hak 5:1,12,15; 1Sam 12:11; Ibr 11:32 · Kedesh: Yos 12:22; Yos 12:22 · gunung Tabor: Yos 19:22; Yos 19:22 · ...

· bin Abinoam: Hak 5:1,12,15; 1Sam 12:11; Ibr 11:32

· Kedesh: Yos 12:22; [Lihat FULL. Yos 12:22]

· gunung Tabor: Yos 19:22; [Lihat FULL. Yos 19:22]

· bani Naftali: Kej 30:8; [Lihat FULL. Kej 30:8]

· bani Zebulon: Hak 5:18; 6:35

Ref. Silang FULL: Hak 4:7 - tentara Yabin // sungai Kison // dalam tanganmu · tentara Yabin: Yos 11:1; Yos 11:1 · sungai Kison: Hak 4:13; Hak 5:21; 1Raj 18:40; Mazm 83:10 · dalam tanganmu: Hak 1:2; Hak 1:2...

· tentara Yabin: Yos 11:1; [Lihat FULL. Yos 11:1]

· sungai Kison: Hak 4:13; Hak 5:21; 1Raj 18:40; Mazm 83:10

· dalam tanganmu: Hak 1:2; [Lihat FULL. Hak 1:2]

Ref. Silang FULL: Hak 4:9 - Kedesh · Kedesh: Yos 12:22; Yos 12:22

· Kedesh: Yos 12:22; [Lihat FULL. Yos 12:22]

Ref. Silang FULL: Hak 4:10 - Barak mengerahkan · Barak mengerahkan: 2Taw 36:23; Ezr 1:2; Yes 41:2; 42:6; 45:3; 46:11; 48:15

Ref. Silang FULL: Hak 4:11 - orang Keni // anak-anak Hobab // pohon tarbantin // di Zaanaim · orang Keni: Kej 15:19; Kej 15:19 · anak-anak Hobab: Bil 10:29 · pohon tarbantin: Yos 24:26; Hak 9:6 · di Zaanaim: Yos 19...

· orang Keni: Kej 15:19; [Lihat FULL. Kej 15:19]

· anak-anak Hobab: Bil 10:29

· pohon tarbantin: Yos 24:26; Hak 9:6

· di Zaanaim: Yos 19:33

Ref. Silang FULL: Hak 4:12 - gunung Tabor · gunung Tabor: Yos 19:22; Yos 19:22

· gunung Tabor: Yos 19:22; [Lihat FULL. Yos 19:22]

Ref. Silang FULL: Hak 4:13 - ratus kereta // sungai Kison · ratus kereta: Yos 17:16; Yos 17:16 · sungai Kison: Hak 4:7; Hak 4:7; Hak 5:19

· ratus kereta: Yos 17:16; [Lihat FULL. Yos 17:16]

· sungai Kison: Hak 4:7; [Lihat FULL. Hak 4:7]; Hak 5:19

Ref. Silang FULL: Hak 4:14 - dalam tanganmu // di depan · dalam tanganmu: Hak 1:2; Hak 1:2 · di depan: Ul 9:3; 1Sam 8:20; 2Sam 5:24; Mazm 68:8

· dalam tanganmu: Hak 1:2; [Lihat FULL. Hak 1:2]

· di depan: Ul 9:3; 1Sam 8:20; 2Sam 5:24; Mazm 68:8

Ref. Silang FULL: Hak 4:15 - Tuhan mengacaukan · Tuhan mengacaukan: Kel 14:24; Kel 14:24; Mazm 18:15

· Tuhan mengacaukan: Kel 14:24; [Lihat FULL. Kel 14:24]; Mazm 18:15

Ref. Silang FULL: Hak 4:16 - yang tinggal · yang tinggal: Kel 14:28; Kel 14:28; Mazm 83:10

· yang tinggal: Kel 14:28; [Lihat FULL. Kel 14:28]; Mazm 83:10

Ref. Silang FULL: Hak 4:17 - kemah Yael // orang Keni // raja Hazor · kemah Yael: Hak 4:18,21,22; Hak 5:6,24 · orang Keni: Kej 15:19; Kej 15:19 · raja Hazor: Yos 11:1; Yos 11:1

· kemah Yael: Hak 4:18,21,22; Hak 5:6,24

· orang Keni: Kej 15:19; [Lihat FULL. Kej 15:19]

· raja Hazor: Yos 11:1; [Lihat FULL. Yos 11:1]

Ref. Silang FULL: Hak 4:18 - Yael · Yael: Hak 4:17; Hak 4:17

· Yael: Hak 4:17; [Lihat FULL. Hak 4:17]

Ref. Silang FULL: Hak 4:19 - kirbat susu · kirbat susu: Kej 18:8; Kej 18:8

· kirbat susu: Kej 18:8; [Lihat FULL. Kej 18:8]

Ref. Silang FULL: Hak 4:21 - Tetapi Yael // tidur nyenyak // maka matilah · Tetapi Yael: Hak 4:17; Hak 4:17 · tidur nyenyak: Kej 2:21; 15:12; 1Sam 26:12; Yes 29:10; Yun 1:5 · maka matilah: Hak 5:26

· Tetapi Yael: Hak 4:17; [Lihat FULL. Hak 4:17]

· tidur nyenyak: Kej 2:21; 15:12; 1Sam 26:12; Yes 29:10; Yun 1:5

· maka matilah: Hak 5:26

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Hak 4:1-3 - Orang Israel Diperbudak oleh Yabin Jalan cerita Debora dan Barak (kedua pahlawan dalam pasal ini) adalah sama dengan jalan cerita sebelumnya. Dalam pasal ini kita mendapati, ...

Matthew Henry: Hak 4:4-9 - Rancangan Debora dan Barak Rancangan Debora dan Barak (4:4-9) Tahun pembebasan pada akhirnya datang juga, ketika Israel harus dilepaskan dari tangan Yabin, dan dipulihkan kep...

Matthew Henry: Hak 4:10-16 - Kekalahan Sisera Kekalahan Sisera (4:10-16) Dalam perikop ini diceritakan, I. Barak menghimpun sukarelawan, dan dalam waktu singkat, jumlah orang yang diperl...

Matthew Henry: Hak 4:17-24 - Kekalahan Sisera Kekalahan Sisera (4:17-24) Kita telah melihat pasukan Kanaan betul-betul dikacau-balaukan. Dikatakan dalam Mazmur 83:10-11, di mana kekalahan pasuk...

SH: Hak 4:1-24 - Lebih mengandalkan penyertaan manusia. (Senin, 6 Oktober 1997) Lebih mengandalkan penyertaan manusia. Debora, hakim atas orang Israel telah menyampaikan perintah Tuhan kepada Barak (ayat 6-7). Dari jawaban Barak ...

SH: Hak 4:1-24 - Pemimpin yang dipakai Tuhan (Minggu, 20 April 2008) Pemimpin yang dipakai Tuhan Tuhan bekerja menolong umat-Nya secara unik. Ia bisa memakai pahlawan perkasa, tetapi juga orang biasa-biasa untuk m...

SH: Hak 4:1-24 - Barak (Kamis, 22 Agustus 2013) Barak Bila biasanya khotbah atau renungan yang didasarkan atas teks ini membicarakan kiprah Debora, maka uraian ini akan mengupas kisah Barak. Ia bia...

SH: Hak 4:1-24 - Debora (Senin, 20 Juli 2020) Debora Debora adalah hakim keempat dan satu-satunya hakim perempuan. Ia juga seorang nabi, mediator, penasihat, dan konselor yang baik. Bisa dikataka...

Topik Teologia: Hak 4:4 - -- Umat Manusia: Wanita Wanita sebagai Anggota Masyarakat Wanita Dalam Kepemimpinan Wanita sebagai Hakim: Debora Hak 4:4-14

Topik Teologia: Hak 4:8 - -- Umat Manusia: Wanita Wanita sebagai Anggota Masyarakat

Topik Teologia: Hak 4:15 - -- Umat Manusia: Wanita Wanita sebagai Anggota Masyarakat Contoh-contoh Teladan Wanita Yael Hak 4:8-9,15-22 Hak 5:24-27

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Hakim-hakim (Pendahuluan Kitab) Penulis : Tidak Diketahui Tema : Kemurtadan dan Pembebasan Tanggal Penulisan: Sekitar tahun 1050 -- 1000 SM Latar Belakang Kit...

Full Life: Hakim-hakim (Garis Besar) Garis Besar I. Ketidaktaatan dan Kemurtadan Israel Diperkenalkan (Hak 1:1-3:6) A. Israel Gagal Membersihkan Kanaan ...

Matthew Henry: Hakim-hakim (Pendahuluan Kitab) Kitab ini dalam bahasa Ibrani disebut Syefer Syoftim, yaitu Kitab Hakim-hakim, yang dalam Alkitab terjemahan bahasa Aram dan bahasa Arab lebih dipe...

Ende: Hakim-hakim (Pendahuluan Kitab) HAKIM-HAKIM PENDAHULUAN Kitab “Hakim2” mendapat namanja dari tokoh2 jang memainkan peranan utama dalam kisah jang dikumpulkan dalam kitab ini.sedj...

TFTWMS: Hakim-hakim (Pendahuluan Kitab) MULIAKANLAH ALLAH ATAS SEGALA KEMENANGAN SIAPAKAH YANG MEMENANGKAN PERTEMPURAN INI? (HAKIM-HAKIM 4;5) Menyusul kekalahan bangsa Moab si penindas Isra...

TFTWMS: Hakim-hakim (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Ada kemungkinan bahwa perkataan Debora adalah "Tidakkah Yahweh telah memerintahkan?" yang menunjukkan keengganan Barak u...

BIS: Hakim-hakim (Pendahuluan Kitab) HAKIM-HAKIM PENGANTAR Buku Hakim-hakim berisi kisah-kisah dari suatu zaman dalam sejarah Israel sebelum bangsa itu menjadi suatu kerajaan. Itulah za

HAKIM-HAKIM

PENGANTAR

Buku Hakim-hakim berisi kisah-kisah dari suatu zaman dalam sejarah Israel sebelum bangsa itu menjadi suatu kerajaan. Itulah zaman antara pendudukan Kanaan dan berdirinya kerajaan Israel. Kisah-kisah tersebut adalah mengenai hal-hal yang dilakukan oleh pahlawan-pahlawan bangsa. Mereka lazimnya disebut hakim, tetapi kebanyakan dari mereka sebenarnya adalah pemimpin-pemimpin militer, dan bukan hakim menurut arti yang biasa. Salah seorang dari para pahlawan itu, yang sangat terkenal, ialah Simson. Kisahnya terdapat dalam Pasal 13-16 (Hak 13:1-16:31).

Ajaran utama dari buku ini ialah bahwa hanya dengan setia kepada Tuhan, umat Israel dapat bertahan terus; tetapi bila mereka meninggalkan Tuhan, mereka selalu mendapat kesukaran besar. Namun dalam masa yang demikian pun Allah selalu bersedia menolong umat-Nya apabila mereka bertobat dari dosa-dosa mereka dan beribadat kepada Allah.

Isi

  1.  Peristiwa-peristiwa yang terjadi sampai pada kematian Yosua
    Hak 1:1-2:10
  2.  Pemimpin-pemimpin Israel
    Hak 2:11-16:31
  3.  Berbagai-bagai peristiwa
    Hak 17:1-21:25

Ajaran: Hakim-hakim (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan melihat isi kitab Hakim-hakim setiap anggota jemaat mengerti akan kebesaran kasih Allah dalam mengampuni umat-Nya, yang hidup d

Tujuan

Supaya dengan melihat isi kitab Hakim-hakim setiap anggota jemaat mengerti akan kebesaran kasih Allah dalam mengampuni umat-Nya, yang hidup dalam perbuatan dosa. Dan sekaligus melihat keadilan Allah dalam menghukum perbuatan-perbuatan dosa.

Pendahuluan

Penulis : Penulis kitab Hakim-hakim tidak disebutkan dengan jelas, tetapi ada kemungkinan penulisnya adalah Samuel.

Isi Kitab: Kitab Hakim-hakim terdiri dari 21 pasal. Kitab Hakim-hakim menceritakan keadaan umat Allah yang hidup dengan menuruti kemauannya sendiri dan memperlihatkan keadaan umat-Nya yang melupakan Dia.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Hakim-hakim

  1. Pasal 1-3 (Hak 1:1-3:4).

    Keadaan bangsa Israel sesudah kematian Yosua Dalam bagian pertama ini terlihat suatu putaran yang terjadi dalam kehidupan bangsa ini. Mereka berbuat dosa sehingga Tuhan memberikan hukuman. Di dalam penderitaan mereka berteriak minta tolong, maka Tuhan menjawab doa mereka dengan mengutus hakim-hakim untuk memimpin dan melindungi mereka. Tetapi setelah hakim itu mati, mereka berbuat jahat lagi. Oleh karena itu Tuhan memberi hukuman lagi supaya mereka harus tetap menurut jalan yang dikehendaki oleh Tuhan.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Hak 2:6-14. Mengapakah bangsa Israel dihukum oleh Allah? Dan apakah hukumannya?
    2. Bacalah pasal Hak 2:16-19. Apakah maksud Tuhan dengan memberikan hakim-hakim pada umat-Nya? Dan bagaimanakah perbuatan umat Allah ini setelah Haki tersebut mati?
  2. Pasal 3-16 (Hak 3:5-16:31).

    Riwayat Hakim-hakim dan pekerjaannya

    Hakim-hakim yang diutus oleh Tuhan berjumlah 12 orang. Ada 6 hakim besar yaitu yang menghasilkan banyak kemenangan. Mereka itu adalah Otniel, Ehud, Debora, Gideon, Jefta dan Simson. Ada juga 6 hakim kecil yang menghasilkan kemenangan tapi tidak banyak yang tertulis mengenai mereka. Mereka itu adalah Samgar, Tola, Yair, Ebzan, Elon dan Abdon.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Hak 6:14. Melalui panggilan Gideon ini, apakah pekerjaan yan ditugaskan oleh Allah kepada Hakim-hakim?
    2. Apakah persoalan yang menjadi dasar bangsa Israe menderita? (Hak 8:33-34).
  3. Pasal 17-21 (Hak 17:1-21:25).

    Dua contoh kehidupan umat Allah, dalam perbuatan yang bejat

    Bagian ini menjelaskan tentang: pertama, perbuatan Mikha dengan patungannya, yang mengakibatkan bangsa Israel menyembah berhala.

    Dan kedua, dosa perzinahan yang sangat keji dari suku Benyamin, yang mengakibatkan terjadi perang saudara di antara bangsa Israel.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Hak 18:24,31. Berilah pendapat saudara terhadap perkataan pemili patung dalam pasal Hak 18:24.
    2. Bacalah pasal Hak 20:1-11. Apakah perbuatan dosa itu? Dan apakah akibatnya?

II. Kesimpulan/penerapan

  1. Kitab Hakim-hakim mengajarkan kegagalan umat Allah dalam mentaati perjanjiannya kepada Allah dan akibat yang harus mereka alami dari ketidaktaatan itu.

  2. Walaupun Allah melihat umat-Nya gagal dalam berjalan mengikut Dia karena ketidaktaatan, tetapi Dia tetap mengasihi umat-Nya dengan memberi penyelamatan untuk berdiri dari kejatuhannya.

  3. Penderitaan kadang kala merupakan cara Allah mengajar umat-Nya yang tidak mau taat kepada-Nya.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah penulis kitab Hakim-hakim?
  2. Apakah isi kitab Hakim-hakim?
  3. Siapakah nama Hakim-hakim umat Allah?
  4. Pelajaran rohani apakah yang saudara dapatkan dari mempelajari kita Hakim-hakim?

Intisari: Hakim-hakim (Pendahuluan Kitab) Lingkaran Dosa HAKIM-HAKIMHakim-hakim merupakan kitab yang penting karena memberikan gambaran mengenai hubungan antara Yosua, yang memimpin bangsa Is

Lingkaran Dosa

HAKIM-HAKIM
Hakim-hakim merupakan kitab yang penting karena memberikan gambaran mengenai hubungan antara Yosua, yang memimpin bangsa Israel masuk ke Kanaan, dengan Saul, Daud dan raja-raja Israel lainnya. Selama masa hakim-hakim, Israel lambat laun belajar untuk menjadi suatu bangsa dan bukan lagi sebagai dua belas suku yang berdiri sendiri-sendiri.

PENULISNYA
Kita tidak tahu siapa penulis kitab itu. Mungkin juga dikumpulkan dari catatan-catatan pada masa itu dan lama sesudahnya baru diterbitkan. Tiga kali dinyatakan dalam kitab itu bahwa "pada masa itu Israel tidak mempunya raja" (Hak 17:6; 18:1; 21:25), hal ini mengisyaratkan bahwa kitab itu diterbitkan beberapa waktu sesudah kerajaan dibentuk.

SIAPA HAKIM-HAKIM ITU?
Judul kitab itu agak membingungkan, karena kedua belas "hakim-hakim" itu tidak semata-mata mengurusi masalah hukum; mereka adalah para pangeran yang diilhami oleh Roh Kudus untuk memberikan semacam kepemimpinan karismatis pada saat-saat diperlukan. Ada dua belas hakim, dan yang menarik ialah bahwa Yefta menyebut Allah sebagai "Tuhan, Hakim" (Hak 11:27), memakai panggilan yang sama seperti yang diberikan kepada para hakim. Mereka menyadari bahwa mereka dipimpin oleh kuasa ilahi dan bukan semata-mata pilihan manusia.

LINGKARAN DOSA
Kitab ini terdiri dari pendahuluan (Hak 1:1-2:5) dan lampiran (Hak 17:1-21:25), dan sisanya berisi kisah dari kedua belas hakim dan enam masa penindasan. Lingkaran peristiwa yang terjadi:
1. Rakyat hidup sejahtera. Tidak ada keperluan khusus dengan Allah. Oleh karena itu, Allah ditinggalkan dan ilah-ilah dari negara tetangga yang kafir mengambil alih kedudukan Allah.
2. Penindasan. Allah meninggalkan mereka menurut kemauan mereka sendiri. Allah membiarkan mereka mengurus diri mereka sendiri! Moab dan Amon, bangsa Filistin dan orang Midian semuanya berbalik menyerang Israel.
3. Pertobatan. Israel mengakui kesalahan mereka dan berbalik kepada Allah, memohon pengampunan. Setiap kali Allah selalu bersedia mengampuni dan memulihkan mereka.
4. Pembebasan. Seorang hakim muncul untuk membebaskan umat Allah. Setiap kali jelas bahwa Allahlah yang menyelamatkan melalui hakim itu.
5. Rakyat kembali hidup sejahtera... lingkaran dosa berulang kembali.

Pesan

Lingkaran dosa digambarkan dalam Hak 6:1-8:35

1. Tujuh tahun di bawah penindasan.
Perhatikan bagaimana kondisi bangsa Israel yang merosot tajam, hidup bagaikan orang gua di gunung-gunung sebelum mereka bersedia memohon pertolongan Allah. Hak 6:1-6

2. Tugas tanpa pamrih
Para hakim mendapatkan kemuliaan sebagai penyelamat dan menerima pernyataan terima kasih dari umat Allah. Nabi yang tak bernama ini mendapat tugas tidak enak untuk menyampaikan pesan Allah tentang penghakiman. Tetapi, ia melakukan apa yang diperintahkan Allah kepadanya. Hak 6:7-10

3. Tuhan menampakkan diri kepada Gideon
Apabila Allah menyelamatkan, hal itu harus dianggap sebagai penyelamatan Allah, bukan manusia (lihat Ula 7:6-11), dan oleh karenanya Allah memilih seorang yang tidak terkenal, Gideon, seorang yang dapat dipakai-Nya, yang tidak akan memegahkan dirinya. Hak 6:11-24

4. Suatu keputusan yang amat penting
Gideon masih harus menyatakan siapa dirinya. Dia harus membuat langkah yang pantang surut: ia menantang Baal dan berpihak kepada Allah. Perhatikan bagaimana pembelaan ayahnya ketika penduduk kota akan menghukum Gideon karena telah menghancurkan altar Baal: "Jika Baal itu allah, biarlah ia berjuang membela dirinya sendiri, setelah mezbahnya dirobohkan orang!". Tetapi, ia tidak dapat melakukannya karena ia bukan Allah. Hak 6:25-32

5. Peletakan guntingan bulu domba
Tetapi, dapat dimengerti jika Gideon mempunyai keraguan. Lihatlah betapa sabar Allah terhadapnya, dan dorongan semangat yang diperlukan Gideon. Hak 6:33-40

6. Orang Midian dikalahkan
Prajurit mereka seperti belalang banyaknya (Hak 7:12). Gideon hanya mempunyai 32.000 tentara. Jumlah ini cukup besar bagi pasukan Israel. Dikurangi hingga menjadi 10.000 ketika orang-orang yang takut pulang. Dikurangi lagi sampai mencapai 300 ketika mereka yang tidak waspada dikirim pulang. Tetapi, 300 tentara disertai Allah sudah cukup. Hak 7:1-25

7. Gideon menghadapi lebih banyak masalah
Suku Efraim ingin diikutsertakan dalam kemenangan (meskipun mereka mungkin tidak terlalu bersemangat sebelum pertempuran dimulai). Catatlah bagaimana Gideon mengendalikan reaksinya terhadap provokasi langsung itu. Dan, orang Sukot tidak membantu Gideon. Mereka ingin memastikan hasil peperangan sebelum memihak kepada salah satu pasukan. Oleh karena itu, Gideon berjuang tanpa mereka. Tetapi, mereka kehilangan kesukaan berada di pihak yang menang. Hak 8:1-21

8. Gideon menjadi masalah
Tragedi: kemenangan telah memalingkan kepalanya. Ataukah emas yang telah memalingkan kepalanya; emas yang merebut kedudukan Allah? Hak 8:22-27

9. Kematian Gideon.
Rakyat kembali menyembah Baal. Hak 8:28-35

Penerapan

1. Kelemahan manusia yang tidak ditopang
Kitab Hakim-hakim meliputi suatu periode selama kurang lebih 400 tahun. Dalam jangka waktu yang relatif singkat ini dua belas orang penyelamat harus dicari untuk menyelamatkan bangsa Israel dari akibat perbuatan mereka. Mereka bukannya tidak tahu fakta sejarah. Mereka seharusnya tahu apa yang selalu terjadi apabila mereka meninggalkan Allah. Namun demikian, berkali-kali mereka menjalani rute yang sama, yaitu rute pemberontakan. "Yang kita pelajari dari sejarah ialah bahwa kita tidak pernah belajar apa pun dari sejarah". Secara rohani, hal ini rupanya benar. Manusia tanpa Allah tidak berdaya. Orang Kristen tanpa Roh Allah tidak dapat menguasai keadaan. Kitab Hakim-hakim memberikan kepada kita suatu pelajaran yang tidak dapat disangkal, yang menunjukkan betapa kita memerlukan seorang Penyelamat.

2. Anugerah Allah yang tidak layak kita terima.
Pelajaran penting kedua yang kita dapat dari Hakim-hakim ialah bahwa Allah selalu dan dengan tanpa syarat siap untuk mengampuni dan menyelamatkan orang bertobat (Yes 65:1-3). Tetapi, pelajaran kedua ini juga merupakan peringatan kepada kita bahwa kita diharapkan untuk menunjukkan kemurahan yang sama kepada sesama. Lebih dari itu jika kita tidak mengampuni orang lain, kita tidak dapat berharap untuk diampuni (Mat 6:15).

3. Para pemimpin perlu bersikap rendah hati
Pelajaran penting ketiga dari Hakim-hakim ialah bahwa Allahlah yang menghakimi dan menyelamatkan, bukan manusia. Mudah bagi para pemimpin untuk menganggap bahwa Allah memerlukan mereka, atau gereja memerlukan mereka; dan bahwa mereka sangat dibutuhkan. Perhatikan bagaimana Allah memilih Gideon, orang yang paling tidak diindahkan dalam keluarganya dan yang paling tidak dianggap dalam sukunya. Allah ditambah dengan orang tidak terkenal berarti kuasa!

Tema-tema Kunci

1. Bahaya sinkretisme
Sinkretisme berarti mencampurbaurkan segala sesuatu; yang baik dan yang jahat. Hal-hal yang berhubungan dengan Allah dengan yang manusiawi. Ketika bangsa Israel memasuki Kanaan, mereka menemukan banyak agama yang dapat mereka pilih. Tampaknya dewa-dewa orang Kanaan dapat membantu mereka untuk bertani dengan baik dan bertempur dalam peperangan. Tetapi, tata ibadah mereka sungguh-sungguh melanggar kesusilaan. Orang Kanaan tetap tinggal di situ dan bekerja pada orang Israel (Hak 1:28, 30, 33, 35). Tetapi, agama orang Kanaan lambat laun memperlemah bangsa Israel, dan merampas mereka dari Allah. Perhatikan kata-kata Tuhan Yesus: "Kamu tidak dapat mengabdi kepada Allah dan kepada Mamon" (Mat 6:24). Pelajari pengajaran Alkitab mengenai penyelewengan (misalnya: 1Ko 5; 2Ko 6:14-18; 1Yo 2:15-17).

2. Keputusan yang amat penting.
Orang Kristen diubahkan dari suatu cara hidup yang lama kepada cara hidup yang lain. Sering kali perubahan ini menyebabkan krisis. Kita tahu bahwa setelah diubahkan tidak ada jalan untuk berbalik. Ini dapat berarti melakukan sesuatu yang baru, misalnya pergi ke gereja. Mungkin juga hal itu berarti membagi-bagikan harta. Bagi Gideon ini berarti meruntuhkan sebuah patung dewa. Tidak mungkin hanya mencoba-coba menjadi Kristen untuk melihat apakah sesuai dengan keinginan kita. Seperti halnya Gideon yang membatalkan niatnya untuk mengundurkan diri lalu menyerahkan dirinya ke dalam tangan Allah, demikian juga halnya dengan kita ketika kita datang kepada Kristus. Pelajari beberapa keputusan penting yang ada dalam Alkitab. Perhatikan para tukang sihir yang membakar buku-buku sihir mereka (Kis 19:19); Rut yang tinggal bersama ibu mertuanya (Rut 1:1-18); dan Rahab yang memutuskan untuk memberikan perlindungan kepada mata-mata Yosua (Yos 2:1-21); Yos 6:22-25). Keputusan penting apa saja yang dapat Anda pikirkan bagi orang yang menjadi Kristen dewasa ini?

3. Pertobatan
Pertobatan merupakan satu-satunya syarat bagi pembebasan bangsa Israel. Tetapi, apakah sebenarnya pertobatan? Gunakanlah konkordansi untuk mempelajari tema yang sangat penting di dalam Alkitab ini. Berikut ini beberapa ayat untuk memulai telaah Anda: Mat 21:28-32; Luk 15:3-7, 17-20; 2Sa 12:7-17; Maz 51; 1-10; Kis 8:20-22; 2Ko 7:9-11.

Garis Besar Intisari: Hakim-hakim (Pendahuluan Kitab) [1] PENDUDUKAN KANAAN Hak 1:1-2:5 Hak 1:1-21Yehuda dan Simeon merintis jalan Hak 1:22-25Yusuf mengikuti jejak mereka Hak 1:26-36Keberhasilan yang

[1] PENDUDUKAN KANAAN Hak 1:1-2:5

Hak 1:1-21Yehuda dan Simeon merintis jalan
Hak 1:22-25Yusuf mengikuti jejak mereka
Hak 1:26-36Keberhasilan yang terbatas: akibat kompromi
Hak 2:1-5Hari depan yang terbatas: respons Tuhan terhadap kompromi

[2] PEMERINTAHAN KEDUA BELAS HAKIM Hak 2:6-16:31

Hak 2:6-9Penjelasan: kematian Yosua
Hak 2:10-23Lingkaran dosa dijelaskan
Hak 3:1-6Lingkungan yang tidak ramah akibat kompromi
Hak 3:7-11Hakim pertama, Otniel
Hak 3:12-14Berada dalam penindasan selama delapan belas tahun
Hak 3:15-25Hakim kedua, Ehud
Hak 3:26-30Keadaan damai selama delapan puluh tahun
Hak 3:31Hakim ketiga, Samgar
Hak 4:1-3Berada dalam penindasan selama dua puluh tahun
Hak 4:4, 5Hakim keempat, Debora
Hak 4:6-10Barak di bawah perintahnya
Hak 4:11-24Sisera, komandan tentara Kanaan dibunuh oleh seorang wanita
Hak 5:1-31Sebuah duet
Hak 6:1-6Berada dalam penindasan selama tujuh tahun
Hak 6:7-24Hakim kelima, Gideon
Hak 6:25-32Tantangan kepada Baal
Hak 6:33-40Peletakan guntingan bulu domba
Hak 7:1-25Orang Midian dikalahkan
Hak 8:1-21Masalah yang dihadapi Gideon bertambah
Hak 8:22-27Gideon menjadi masalah
Hak 8:28-35Kematian Gideon
Hak 9:1-57Anak laki-laki Gideon mengambil alih pimpinan
Hak 10:1-2Hakim keenam, Tola
Hak 10:3-5Hakim ketujuh, Yair
Hak 10:16-18Berada dalam penindasan selama delapan belas tahun
Hak 11:1-33Hakim ke delapan Yefta
Hak 11:34-40Akibat yang luar biasa dari sumpah yang diucapkan dengan tergesa-gesa
Hak 12:1-7Keluhan suku Efraim
Hak 12:8-15Tiga hakim kecil: Ebzan, Elon dan Abdon
Hak 13:1-25Hakim kedua belas, Simson
Hak 14:1-20Perkawinannya, dan suatu tipu muslihat
Hak 15:1-20Pembalasan Simson
Hak 16:1-22Simson dan Delila
Hak 16:23-31Kematian Simson

[3] BUNGAI RAMPAI SEJARAH Hak 17:1-21:25

Hak 17:1-18:31Mikha dan suku Dan
Hak 19:1-21:25Perang saudara
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #16: Tampilan Pasal untuk mengeksplorasi pasal; Tampilan Ayat untuk menganalisa ayat; Multi Ayat/Kutipan untuk menampilkan daftar ayat. [SEMUA]
dibuat dalam 0.47 detik
dipersembahkan oleh YLSA